Bagi rapot dan market day

Ini bagi rapot pertamanya teteh Ghaida sejak sekolah di SDIT Khaira Ummah…Ga kerasa ya udah enam bulan jadi anak SD.Acara bagi rapot akan diawali dengan kegiatan market day.Anak anak harus bawa makanan yang dibikin sendiri di rumah trus dijual di sekolah dengan syarat makanannya minimal totalnya 10 ribu kalo dijual,jadi bisa dengan harga seribuan atau dua ribu.Tanpa tambahan zat kimia dan diusahakan dibikin sendiri sama anaknya walopun tentunya dalam pengawasan ortu ya.

Ghaida sama ambu memutuskan bikin oreo goreng aja.Resepnya banyak banget kan ya bertebaran ditanya aja sama om google dan kita tentunya memilih resep yang sesimpel mungkin,maksudnya yang ga usah pisah pisahin kuning telurnya dululah,ga pake mixer,pokoknya yang tinggal cemplung campur goreng!

Bikin oreo gorengnya kejar kejaran sama jam bangun ujang kecil,soalnya kalo dia udah bangun maka hancurlah sudah hahahaha….si kecil tornado itu kalo liat emaknya di dapur memang ga bisa menahan diri untuk ga teriak teriak mbu ga boleh masak.Itulah alasannya saya seringnya masak di warteg.Tepat setelah adonan oreo selesai digoreng,Alzam bangun.Tadaaa….oreo goreng siap disantap eh dijual😀

Kita berangkat udah bagaikan rombongan sirkus karena berempat naik motor ke sekolahannya teteh.Yang penting pake helm semua yah🙂

Sampe sekolah rupanya teman temannya teteh udah mulai buka lapak,masing masing udah duduk manis depan dagangannya.Ghaida juga semangat 45 buka lapaknya berjualan oreo goreng.

 

Melalui kegiatan market day ini anak anak belajar menghitung uang kembalian apabila uang pembeli tidak pas dengan harga makanan yang dijual.Kemarin mbu liat bagaimana repotnya teteh saat mencoba mengambil makanan dengan tangan yang terbungkus plastik,masukin ke plastik bening biar makanannya tetap bersih trus gimana bingungnya dia saat harus menghitung uang kembalian.Alhamdulillah ada bu guru yang keliling ‘ngeborong’ makanannya anak – anak ,ngajarin cara menghitung kembalian,sampe mau ngutang juga hahahaha bu guru ada – ada aja deh…

Kalo liat dari foto,sepertinya ada penyusup ya diantara murid sdit khaira ummah,yup ujang kecil asyik asyik makaaan dibelakang tetehnya.

Alhamdulillah dagangannya teteh Ghaida habis,walopun setelah dihitung uang hasil penjualan oreo gorengnya kurang katanya dia pake buat beli dagangan temennya😀

Acara dilanjutkan dengan pembagian laporan belajar anak anak selama semester pertama.Nilai Ghaida Alhamdulillah cukup baik,secara mbu sama babab memang ga menargetkan nilai tertentu sama anak,ga mau bikin anak jadi stres,dan sesuai kontrak belajar diawal sama sekolah,bahwa sampai kelas tiga maka sistem belajar disekolah ini 70% bermain dan 30% nya belajar. Semangat terus belajar ya teh,Insya Allah bisa.

Selain pembagian rapot,ada juga pengumuman lomba lomba yang diadakan sekolah selama minggu bebas setelah UAS,Alhamdulillah teteh Ghaida menang lomba membaca cerita….

market day

Selamat liburan ya…pesannya bu guru jangan lupa shalatnya lebih rajin dan hapalan surat pendeknya jangan sampe hilang,harus nambah malah ya….

Yang terlupakan

assalamualaikuum….
Hai hai hallooo…

Setahun lebih 3 bulan ga ngeblog.Kangen banget..
Biarpun isinya curcolan tapi tetep ngangenin blog ini,agak nyesel pas inget banyak banget peristiwa peristiwa penting yang ga dituliskan disini.
Maaf ya teteh Ghaida,Aa Alzam…
Padahal dulu bikin blog buat merekam cerita tumbang anak anak,tapi malah terbengkalai.Rasa malas dan waktu juga sih ya yang bikin mbu lama ga ngeblog.
Paling mainannya IG doang sekarang,nah kemaren pas mau upload foto ko malah merasa ga yakin mau nulis caption yang panjang,dipikir pikir yaudahlah mendingan nulis di blog aja.

Baiklah,saatnya bersih bersih debu,dan kuatkan niat buat rutin nulis lagi.

Cerita lebaran Part 1

Liburannya diawali dengan piket posko kesehatan di Puskesmas tercintah tempat mbu kerja🙂

Seharusnya mbu piket kena pas hari H,langsung emosi jiwa soalnya merasa sering banget kena piket di hari raya.Protes terus dapet tukeran sama temen yang rumahnya dekeeeet banget sama puskesmas,dan beliau cowo yang artinya ga masak,ga bikin ketupat,dan paling penting ga mudik dan dengan ikhlas mau tukeran,Alhamdulillaah.Jadi,tanggal 27 hari terakhir Ramadhan itu mbu piket dari jam 2 siang sampe jam 8 malem,berhubung angkutan umum udah mulai jarang,baru sampe rumah jam 9 kurang.Kirain anak – anak udah bobo,ternyata masih ON dua – duanya,asyik main sama tantenya.

Baru mulai masak opor ayam jam 9 malem,untung ayamnya udah direbus dari pagi,jadi tinggal ngebumbuin aja.Ada mamahku siy,tapi kasian beliau udah mulai sakit – sakitan jadi acara masak ditunda sampai mbu pulang piket.Berhubung abis sholat Ied kita mau pergi sampe akhir minggu,jadi masaknya minimalis cuma ketupat sama opor ayam.Paru goreng ntar aja makan gratis dirumah papah hehehe.Selesai masak jam setengah 11,anak – anak baru mau bobo,itupun susaaah bujukinnya.

Subuhnya,disaat seisi rumah udah pada siap berangkat shalat Ied,ya ampun bocah kasep belom bangun😦 mbu ga bisa ikutan shalat lagi dong nak..Ditunggu deh sampe jam 6 lewat masih blom bangun akhirnya positif ga bisa ikutan shalat Ied lagi.Mau dibangunin kasian soalnya semalem dia tidur udah larut dan khawatir jadi rewel berat kan.Semoga tahun depan mbu bisa punya kesempatan ikut shalat Ied.Amin.

Alzam baru bangun jam tujuh lewat 15 menit,abis mandiin titatep trus kita foto – fotoan berdua aja sambil nunggu yang pulang dari mesjid.

IMG_20140728_090607

#selfietamala di pagi Idul Fitri

Acara setelah shalat Ied itu selalu bikin hati hangat,mata jadi panas ya.Haruuuu…saat sungkeman.Semoga maaf – maafan ini bukan sekedar di lisan ya,pun hati saling memaafkan segala khilaf.

Siangnya lanjut ke Sumedang,kerumah papah.Anak – anak kicik malah asyik – asyik dandan..Aku punya ponakan kembar yang lahirnya beda 2 minggu sama Ghaida,liat deh tingkah polah mereka….

kembar n gha

dandan sendiri…ngoprek make up nya bunda kembar.abis itu cuci muka bersih bersih biar ga gatel.

IMG_20140728_142351

baru nyadar,ilang suami sama anak bungsu😀 babab lagi sibuk,sibuk ngejar Alzam.Kembar juga ilang satu niy,entah khanza atau keyza yang ga ada.

IMG_20140730_111517

Centil semua

IMG_20140730_111538Malam selasa,kita udah dirumah mertuaku…nun jauh disana hehehe…masih kota Sumedang tapi diujuuuuung kota dan panasnya minta ampun,karena udah deket Cirebon mungkin.

Kamisnya,mbu piket lagi jadilah PP ujungjaya – tanjungsari.Dari ujung ke ujung.Anak – anak titip sama nininnya.Cape siy,tapi gimana ya udah tanggung jawab kita orang kesehatan libur juga tetep harus melayani masyarakat,dan beneran kesabaran diuji habis – habisan dengan banyaknya pasien yang datang.Semoga lelahnya barokah.Amin.

Jumat pagi,kita main ke kuningan.Seru! ceritanya bersambung dan semoga ga males ngedit foto hehehe….

Idul Fitri 1435 H

#latepost

Walaupun telat…tapi masih dalam suasana lebaran.Masih bulan Syawal kan yaaa…

Ambu sekeluarga mengucapkan :

“Selamat Hari Raya Idul Fitri 1435 H, Minal aidin walfaidzin, mohon maaf lahir dan bathin..”

Mohon dimaafkan segala khilaf,semua tulisan di blog ini yang mungkin tanpa disadari oleh mbu,menyakitkan teman teman semua… *sungkem*

Cerita lebarannya nanti bakalan ada #latepost selanjutnya😀

Rekap Cerita Kami

Assalamualaikum…

Hai blog.Udah tiga bulan ga posting,macem bang toyib aja mbu ni,

Banyak cerita selama 3 bulan…tersimpan rapi dalam memori,duileee…😀

Dua anak kecil saya,lagi lengket lengketnya.Saking lengketnya,tangan mereka selalu pegang barang yang sama a.k.a rebutan😀

Udah bingung mesti gimana kalo udah pada rebutan gitu,yang berakhir dengan tangisan,atau tanda merah di pipi salah satu.Kalo bukan adiknya yang narikin rambut teteh,ya tetehnya yang cubit mesra pipi alzam yang memang bulat menggemaskan.Selalu saya bilang,mainnya barengan yaa…gantian ya….tapi yagitudeh kejadian rebutan terus.

Adakalanya mereka mesra banget,bikin hati ambunya menghangat…ya semoga aja duo ghaizam selalu rukun ,kalo ada kerikil kerikil dikit mah wajarlah yaa *macem pernikahan aja ya *…..

img1405573607042

paling suka difoto berduaan gini…

Anak bungsu udah dua tahun lhooo umurnya,tepatnya tanggal 23 Juni dia ulangtahun,ga ada acara perayaan,juga ga main kemanapun.Maaf ya nak,ntar skalian ultah teteh kita jalan – jalan yaaa….

Alzamnya juga blom ngerti kalo dia waktu itu ulang tahun,dibeliin kue *ga sempet bikin* yang tampilannya biasa aja etapi ternyata rasanya enaaak banget.Ga nyesel pokoknya,belinyapun dadakan pulang kerja ke jatos dulu,tapi beneran kaget karena rasanya jauh diluar dugaan.Selamat jadi anak dua tahun ya baby boy mbu,semoga perjalanan tahun – tahun berikutnya,kamu makin pinter,dikasih sehat dan jadi anak shaleh manis nurut sama mbu babab,jangan main tom and jerry terus sama teteh :p  We love you anak ganteng.

img1405574254158

bangun tidur langsung fotoin anak ganteng,ga nyangka udah dua tahun aja umurnya….

Ambu sama babab Alhamdulillah dikasih kesempatan menyaksikan perkembangan dua anak yang berbeda,sangat beda.Alzam diusianya yang belum dua tahun kemampuan bahasanya alhamdulillah sangat pesat,diusia 16 bulan udah lebih dari 100 kosakata yang dia tahu dan bisa dia ucapkan dengan benar,dan sekarang diusianya yang udah dua tahun bisa merangkai tiga kata menjadi kalimat.Terdengar lebay mungkin buat orangtua lain yang tidak mengalami punya anak yang mengalami keterlambatan bicara seperti Ghaida dulu,jadi buat kami ,melihat Alzam seperti sekarang ini cukup membuat kami orangtuanya merasa sangat bersyukur.

Kalo melihat fisik,dua anak ini memang ga pernah gemuk,teteh udah keliatan meninggi dan tubuhnya tetap langsing meskipun sekarang – sekarang ini lagi seneng makan dan minum susu.Pengen bisa tukeran,mbu ko ya minum air putih aja bisa naik berkilo kilo.Alzam badannya juga mungil,susah naik beratnya.Kalopun naik,ga lama.Kena batpil seminggu langsung turun lagi beratnya.Mukanya sekarang berubah ubah,mirip siapa ga tau hahaha….dan selalu banyak yang mengira kalo alzam itu anak cewe,kasian juga…heran waktu lahir item macho ko sekarang putih ya….jadilah acara potong rambut lagi ke kids smile Bandung lagi biar gantengnya keliatan ya nak..Kenapa pilih kids smile? soalnya yang potongin rambut di kiddie ga kids friendly,,ga bisa bujukin anak – anak,anak nangis dianya dieeem aja.Beda sama di salon smile ini,mbaknya ajakin main,sampe anak yang lagi jejeritan nangis akhirnya luluh,diem mau dipotong rambutnya,maaf ya ini bukan iklan hehehe….

img1405572621530

langsung kebanjiran protes keras dari 3F…family,friends and fans.dikira gadis kriwil dilurusin rambutnya padahal efek cuciblow

img1405573115390

mbaknya pinter ngebujukin anak jadi anteng dan seneng…

 Beberapa minggu menjelang ulangtahunnya yang kedua,Alzam sempat menunjukkan tanda – tanda self weaning,kalo ditawarin juga bilangnya ga mau,udah gede🙂 tapi itu cuma bertahan beberapa hari aja.Semakin dekat dengan hari ulangtahunnya,dia malahan makin sering nenen aja…hadeuh udah kebayang bakalan susah menyapihnya.Semaleman  sering ga mau lepas sama mbunya,mbu ke kamar mandi aja ikutan,kembali seperti bayi deh.Tapi fase ini kan memang harus dilalui ya nak,beberapa kali mbu yang ga tahan dan menyerah,membiarkan Alzam nenen sambil terus dibisikin nenennya udah ya,Alzamnya udah gede udah dua tahun.Trus dia geleng – geleng kepala sambil pasang muka sakaw pengen nenen.Aku paling ga tahan kalo Alzam udah pasang tampang begini…

img1405133823475

wajah memelas sakaw pengen nenen…kalo disuguhin tampang begini sama anak bayi,hancuuurr hatiku

Semoga aja,drama weaning cepat lewat ya.Doakan yah,anak ganteng ga rewel lagi malem – malem,doakan ambunya kuat nahan ngantuk nemenin anak ganteng semaleman sakaw,semoga ambu sama Alzam sama – sama bisa kuat.Amin.

 

Cerita Yang Tertunda

Sedikit sekali waktu buat nongkrong ketak ketik postingan baru😦

Tapi…kangen banget pengen posting.Yuk rekap cerita – cerita yang tertunda lama🙂

27 Oktober 2013…. Ghaida ulang tahun ke empat.Beberapa hari sebelumnya,dia nanya – nanya terus kapan teteh ulang tahun🙂 mungkin karena lihat teman – temannya di Paud merayakan ultah disekolah,tiap hari senin adaaaa aja yang ulangtahun sampe akhirnya ambu nyetok kado buat persediaan kado ultah temen2nya Ghaida.Terus ambu kasih pengertian,teteh ga merayakan ultah di sekolah,cukup makan siang dengan nenek,kakek dan sodara – sodara yaaa…di tempat makan yang banyak ikannya.dia udah senyum seneng deh cuma dengan dikasih tau begitu🙂 kamu pengertian sekali nak,,intinya kan kebersamaan ya nak…nantilah ya kalo ada rejeki lagi mungkin tahun – tahun depan giliran berbagi sama temen sekolah.Amin.

Image

Kuenya tentu saja special request dari si nona kriwil..princess sofia.Belom banyak kan yang punya gambarnya,jadilah ngedadak nyuri gambar dari google di bb pas depan kasir sambil bayar😀

Selamat jadi anak 4 tahun ya cantik,doa mbu semoga dirimu lebih sehat,lebih giat belajar,lebih nurut sama ortu😀 dan lebih sayang kakang kecil Alzam….pokoknya semua yang lebih baik dari usiamu sebelumnya.

November 2013 … krisis pengasuh Alzam😦

Seperti yang teman – teman dekat tahu,waktu tgl 28 Oktober lalu aku kena musibah yang udah males ceritain lagi dan itu berimbas keluarnya bibi pengasuh Alzam,Wallaahualam,apakah dia berkomplot atau cuma kebetulan aja setelah kejadian trus besoknya dia keluar.Males dan cape hati ini kalo mikirin yang negatif – negatif,jadi kita jalani aja hari selama belum punya pengasuh baru dengan titip ke tetangga sebelah yang cantik dan baik hati *ini tiap hari dikirimin makanan mulu sama dia*…trus pernah juga titip di daycare Unpad jatinangor tempat Ghaida dulu,pernah ada bibi baru yang cuma kerja 5 hari gara – gara anaknya jadi ga mau sekolah karena terbiasa ditungguin ibunya sekarang ibunya kerja dia nangis terus tiap hari.Yasudlah cari lagi…

Sebenernya suka di daycare Unpad,tapi selain mahal karena aku termasuk orang luar kan bukan mahasiswa atau pegawai sana jadinya harga lebih mahal 5ribu,blom ongkos bolak balik masuk kampus karena daycarenya ada diatas sana.Repotnya nambah,karena pulangnya kan sambil bawa Ghaida juga yangmana dia pas jamnya ngantuk kalo bobo diangkot amboy riweuh juga yah sambil bawa Alzam yang ga bisa diem😀

Dapetlah bibi yang sekarang udah 3 mingguan…mayanlah.Ga ada yang sempurna.Jadi jangan berharap banyak,maka kita ga akan kecewa🙂 Tapi,setidaknya Alzam Insha Allah aman sama dia dirumah selama aku kerja.Semoga aja betah,kalo ga betah aku heran,udah dikasih enak banget ga ngerjain apa – apa lhooo buibuuu🙂

Kalo alzam bobo siang 3 jam pun,dia boleh duduk manis depan tv.Ga nyuci,ga masak,apalagi nyetrika.Kata tetangga siy,Alzam anteng dirumah sama dia. Kalo ambunya dateng pulang kerja,dia ga langsung pulang karena jadwal mbu nginem dimulai.Kalo pagi,jadwal udah padet buat masak bekel sama makan anak – anak,nyuci sama nyetrika yang mau dipake hari itu.Terpaksalah siang jadwalnya bersih – bersih rumah,adzan ashar baru deh bibi boleh pulang sambil anter teteh Ghaida ke mesjid,ntar yang jemput mbu jam 4 sore.

2 – 6 Desember 2013 … Ikut pelatihan konselor menyusui di Bapelkes Dinkes Provinsi Jawa Barat..harusnya nginep ya,mengingat jam pelajaran sampe setengah 10 malem🙂 Tapi…aku memutuskan pulang pergi Bandung – Tanjungsari.Panitia tahunya aku tinggal di Jatinangor soalnya alamat rumah kan perumahan Griya Jatinangor makanya diijinkan pulang yang penting besoknya bisa on time ikut kegiatan.

Buat aku…cukup sulit menjalani 5 hari kemarin itu,bangun setengah 4,masak buat bekal Ghaida sama makannya anak – anak,siapin baju buat anak – anak sama suami,dan diselingi nyusuin Alzam yang akhirnya tetep ikutan bangun sama tetehnya juga … wew,,aku rempong karena mungkin kangen sama mbunya,Alzam rewel pengen digendong terus.Alhamdulillah ada mamahku..Alzam kan idola banget sama mamahku,seneng nyubitin kaki nenek yang ada varisesnya -__-” sungkem deh sama mamah udah direpotin dititipin dua anak,meskipun ada bibi juga.

Setengah 6 pagi,aku udah di Arnes siap berangkuts menuju pasteur…Alhamdulillah belom pernah kesiangan🙂 bisa belajar buat kuis di perjalanan dan ga bikin kacau jadwal teman – teman dengan bisa ikut masuk kelas sesuai waktu yang udah ditentukan.

Yang berat adalah…kelas kan selesai jam setengah 10,aku nyampe rumah setengah 11 dan mendapati anak – anak udah tidur😦 tapi bersyukur bisa peluk – pelukin,cium – ciumin mereka dulu.Temen – temen bilang,ngapain kamu cape – cape pulang buat tidur doang,nyampe kan anak – anak juga udah bobo? justru itulah alasannya aku pulang…masih bisa ketemu mereka walopun beberapa menit sebelum berangkat subuh,masih bisa nyiapin semua kebutuhan mereka,nikmat banget deh rasanya.Semua lelah hari itu terbayar dengar bisa bobo bareng anak – anak.

Yang paling berjasa selain restu babab dan adanya nenek di rumah tentu saja Arnes yang udah  aku tumpangin PP …sampelah dapet tiket gratis pas pulang dihari terakhir karena udah ngumpulin 10 tiket,yeay! Sempet horor waktu hari terakhir,harusnya bisa pulang cepet,itu Bandung gimana deh bisa banjir selutut cowo dewasa depan BTC Pasteur😦 memang setelah hujan reda,airnya langsung surut.Arnes yang berangkat setengah 6 dari Baltos ketahan dijalan dan baru bisa lewat BTC jam setengah 8.Banyak sabaaarrr mak hari itu🙂

Kabar anak – anak gimana?

Anak – anakku udah makin sering main Tom and Jerry😀 Ambu jadi wasitnya🙂

Entah kenapa,Alzam yang semula dikira pendiam,ternyata jahilnya ampun deh sama tetehnya.Coba lihat ini🙂

Image

Teteh lagi bobo…dicubitin sambil pasang muka gemes🙂 Belom lagi kalo udah rebutan,hadeuh apasih yang ga direbutin?mainan udah pegang satu – satu ko ya tetep berebut😀 tapi kadang lucu dan seru juga lihatnya😀 Alhamdulillaah….

Walopun gitu,mereka saling sayang ko🙂 memang ada masanya kali ya … dan kalo mbu udah pusing liat mereka main peran tom and jerry,pasang status aja di bbm😀 pasti kebanjiran komen kan,ujung – ujungnya dari curhat – curhatan soal anak kan jadi bisa ambil pelajaran juga dari setiap cerita para emak senasib🙂 terutama mereka yang anaknya lebih banyak,cerita mereka lebih seruuuu😀